Ayo Monitor Tagihan Listrikmu dengan Fitur SwaCAM di New PLN Mobile

Listrik Update-Perusahaan Listrik Negara(Persero) telah meluncurkan aplikasi New PLN Mobile untuk mempermudah pelanggan mengakses berbagai layanan terkait ketenagalistrikan. Salah satu fitur pada aplikasi tersebut, yakni SwaCAM (Swadaya Catat Angka Meter) untuk pencatatan meter listrik bulanan.

Melalui SwaCAM, pelanggan dapat memberikan laporan meter listrik dengan menggunggah foto angka meteran di aplikasi New PLN Mobile setiap tanggal 24-27 setiap bulannya.

Caranya gampang, pelanggan tinggal buka aplikasi New PLN Mobile lalu pilih menu ‘Catat Meter’. Kemudian, pada tanggal 1 bulan berikutnya akan keluar tagihan berdasarkan angka meteran yang dilaporkan.

Fitur SwaCAM membuat pencatatan meter listrik lebih praktis, karena tidak perlu menunggu petugas datang ke rumah setiap bulannya. Adanya SwaCAM membuat proses penagihan listrik menjadi semakin transparan, karena pelanggan sendiri yang memberikan laporan pemakaian listrik.

“Di aplikasi ini, kami menyediakan fitur Catat Angka Meter SwaCAM. Kalau dulu kita harus mengerahkan petugas yang jumlahnya puluhan ribu datang ke lokasi masing-masing kemudian dicatat dan masuk ke modul kami Angka Catat Meter Terpusat. Sekarang pelanggan bisa melakukan itu secara mandiri, ” jelas Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo siaran Pers yang diterima Listrik Update, Kamis (24/3)

Darmawan menegaskan adanya pencatatan meter listrik secara mandiri, menghindari kesalahpahaman saat terjadi lonjakan tagihan listrik.

“Artinya pelanggan memiliki kendali, bagaimana memonitor tagihan masing-masing. Mungkin dulu di awal pandemi COVID-19 ada (pelanggan) yang merasa tagihannya melonjak atau merasa petugas pencatatannya kurang pas, kini mereka punya kendali langsung, ” imbuh Darmawan.

Selain itu, aplikasi PLN Mobile juga menampilkan catatan pemakaian listrik bulanan (pascabayar) dan jumlah pembelian token bulanan (prabayar). Pelanggan disuguhkan grafik angka pemakaian listrik dalam beberapa bulan terakhir, untuk mengetahui turun-naiknya jumlah penggunaan listrik. Fitur itu memungkinkan pelanggan mengontrol pemakaian daya listrik bulanannya.

TERBARU

spot_img