Cadangan Listrik Melimpah, PLN Disjaya Siap Mendukung Pengoperasian Bus Listrik di Jakarta

Listrik Update-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya merencanakan bus Transjakarta akan mulai beroperasi dengan menggunakan tenaga listrik. Anies menyebut, jumlah armada bus listrik yang bakal digunakan sebanyak 100 unit.

“Kita berencana tahun ini mulai dengan 100 unit trasjakarta yang menggunakan tenaga listrik,” kata Anies dalam diskusi virtual, Selasa (17/3).

Anies menilai, transportasi listrik menjadi salah satu solusi yang layak untuk dibahas dan dipertimbangkan. Bahkan menurut dia, saat ini Pemprov DKI sedang menuju model transportasi bebas emisi, salah satunya, yakni berbasis listrik. Sebab, bus listrik dapat membantu mengurangi tingkat polusi udara dan emisi gas rumah kaca.

Menanggapi rencana ini, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) pun siap mendukung percepatan penggunaan transportasi listrik di Jakarta dengan menyediakan fasilitas pengisian kendaraan listrik umum.

“Prinsipnya, kami sangat siap untuk mendukung transportasi listrik. Dalam rangka Jakarta Langit Biru ini, kita ingin mendukung trasportasi berbasis listrik,” kata General Manager PLN Disjaya Doddy Pangaribuan dalam diskusi virtual bertajuk ‘Menilik Laju Transportasi Listrik Ibu Kota’, Rabu (17/3).

Dia mengungkapkan, selama ini PLN Disjaya memasok aliran listrik dengan kapasitas 10.301 megawatt di Jakarta. Ia mencatat, kebutuhan listrik Ibu Kota saat kondisi normal hanya 4.300 megawatt yang disalurkan melalui 59 gardu induk.

Oleh sebab itu, Doddy menyebut, pihaknya masih masih memiliki cadangan pasokan listrik sebesar 150 persen dari total kebutuhan Jakarta. “Artinya, kita masih punya cadangan listrik yang cukup melayani tambahan kebutuhan listrik termasuk kebutuhan listrik untuk kendaraan listrik,” ujarnya.

Doddy menjelaskan, untuk menunjang kebutuhan listrik kendaraan pribadi, PLN menyediakan 1.847 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk kendaraan roda dua. Sementara itu, SPKLU untuk kendaraan roda empat berada di lima lokasi, yani di Gambir, Bulungan, Senayan City, Aeon BSD, dan Supermall Karawaci.

TERBARU

spot_img