Catat! Selain dijadikan Bahan Konstruksi, FABA Juga Berfungsi Untuk Penetral Air Asam di Wilayah Tambang

Listrik Update-Pemerintah menghapus limbah batubara dari daftar kategori limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Penghapusan tersebut tertuang pada peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Langkah pemerintah tersebut mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Salah satunya dalah PT Adaro Energy Tbk.

PT Adaro Energy Tbk menyambut baik kebijakan Presiden Joko Widodo yang mencabut limbah Fly Ash Bottom Ash (FABA) dari limbah B3. Sebab, selama ini kajian yang dilakukan Adaro, limbah FABA ini tidak memenuhi unsur kriteria limbah beracun.

FABA juga umumnya dimanfaatkan untuk bahan kosntruksi rumah seperti batako, paving, dan beton pracetak serta dijadikan  bahan untuk pembuatan jalan.

Head Of Cooporate Communication Adaro Energy Febriati Nadira menjelaskan, selama ini FABA dikategorikan limbah beracun. Padahal, kajian yang dilakukan Adaro dengan menggandeng LAPI dan ITB, hasilnya tidak memenuhi kategori limbah B3.

“Adaro telah melakukan serangkaian uji laboratorium dengan melibatkan LAPI ITB dan didapatkan hasilnya tidak memenuhi persyaratan sebagai limbah B3,” ujar Ira melalui siaran pers yang diterima Listrik Update, Minggu (14/3).

Disatu sisi, kata Ira dari hasil studi yang ada FABA sangat berfungsi untuk penetral air asam di wilayah tambang. Dengan ditempatkan FABA di disposal batuan penutup, maka timbulan air asam tambang dapat dicegah.

“Saat ini telah terlihat bahwa dengan uji laboratorium yang mirip dengan situasi yang ada di lapangan ternyata pemanfaatan FABA dapat menetralkan air asam tambang. Saat ini Adaro sedang berproses untuk mendapatkan izin pemanfaatan FABA sebagai media penetral air asam tambang melalui kerja sama dengan LAPI ITB,” ujar Ira.

Secara terbatas juga, Ira menjelaskan, Adaro sudah melakukan uji coba selain di laboratorium juga di wilayah sekitar tambang Adaro. “Dapat disimpulkan, pemanfaatan FABA di tambangnya Adaro yang lokasinya berdekatan sangat memberikan dampak positif bagi lingkungan hidup,” tambah Ira.

TERBARU

spot_img