FABA; Pengganti Pasir, Hemat dan Tidak Merugikan

Listrik Update – Menyambut era baru pengelolaan FABA ada harapan segar bagi pertumbuhan infrastruktur yang lebih murah dan memberikan dampak baik bagi lingkungan.

Pasalnya FABA yang merupakan pengganti pasir mampu meminimalisasi kerusakan lingkungan akibat penambangan pasir.

Apalagi jika FABA yang sudah berupa paving blok yang dapat menggantikan penggunaan batu bata. Di mana batu bata terbuat dari tanah liat yang didapat dari penambangan.

Selain itu FABA akan memunculkan nilai ekonomi bagi warga. Munculnya FABA mampu membuka lapangan pekerjaan baru yang tadinya orang-orang di galian C bisa menggarap sektor ini.

“Sektor ini akan bermanfaat untuk menyerap tenaga kerja. Jadi FABA akan memberikan dampak yang baik untuk ekonomi dan lingkungan sekaligus,” kata General Manager PLN TJB Rahmat Azwin melalui Asisten Manager Komunikasi Grahita Muhammad kemarin.

Isu konflik sosial yang selama ini beredar luas pun terpatahkan. FABA di mata masyarakat berbahaya karena limbah B3.

Setelah munculnya PP yang baru, FABA bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas. Secara cost value bagi negara juga tidak terbebani dengan menambah lahan untuk landfill penimbunan FABA.

Sementara itu, sebelum adanya PP baru, PLN Tanjung Jati B Jepara (TJB) telah menjalin kerja sama dengan beberapa pihak terkait untuk pemanfaatan FABA. Pihaknya menghormati komitmen itu untuk terus melanjutkan kerja sama.

Seperti dengan Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha Jepara dan Pemerintah Kabupaten Demak. Lebih khusus pemkab Demak pihaknya mendorong untuk segera mengimplementasikan rencana pemanfaatan FABA untuk pekerjaan infrastruktur di kabupaten itu.

Ke depan pihaknya berkomintmen pemanfaatan FABA didorong untuk segera diwujudkan. Tinggal menunggu peraturan menteri sebagai turunan dari PP yang lebih membahas secara teknis.

“Siapa pun dapat berkontribusi kepada masyarakat dan negara lewat FABA ini. Tinggal bagaimana memanfaatkan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Terpisah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Jepara Ary Bachtiar menyambut baik pemanfaatan FABA di bidang pembangunan infrastruktur.

Namun sebelum diimplementasikan, pihaknya merasa perlu ada kajian internal. Kajian itu menurutnya dari berbagai sisi. Seperti regulasi. Kemudian dibutuhkan standarisasi semacam SNI atau tidak. Lalu uji mutu.*

TERBARU

spot_img