Jumlah Kendaraan Listrik Terus Meningkat, PLN Perbanyak Tempat Ngecas di Jawa Barat

Listrik Update-Perusahan Listrik Negara (Persero)  mewacanakan penambahan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Jawa Barat seiring semakin banyaknya kendaraan listrik di Jawa Barat.

Ini juga merupakan bagian dari komitmen PLN untuk terus meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) pada masyarakat, khususnya para pelanggan PLN.

Manager Komunikasi PLN Jawa Barat Iwan Ridwan mengatakan, penambahan SPKLU akan sangat tergantung kepada kondisi pasar. Apalagi, saat ini sejumlah merek kendaraan mulia mengeluarkan mobil listrik.

“Kalau potensi penambahan ada, karena melihat kondisi kendaraan listrik yang saat ini mulai banyak. Tapi untuk jumlah, tergantung dari pusat, kami akan ikut aja,” jelas Iwan Ridwan di PLN Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (30/3/2021).

Menurut Iwan, saat ini SPKLU telah ada di beberapa titik di Jabar. Seperti di Bandung ada dua titik. Kemudian di jalur Cipali (Cirebon). Kemudian di kawasan Bodetabek. Kawasan tersebut memiliki potensi tinggi, karena kemampuan ekonomi penduduknya.

“Ya di Bodetabek selain Bandung potensinya cukup banyak. Karena secara ekonomi, cukup baik,” beber dia.

Untuk diketahui, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akhirnya menyampaikan secara resmi pembentukan Indonesia Battery Corporation atau IBC.

Perusahaan holding ini merupakan patungan (joint venture/JV) dari empat perusahaan BUMN antara lain PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)/Inalum atau MIND-ID, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero).

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyampaikan mimpinya di masa depan Indonesia bisa memiliki ekosistem mobil listrik dengan dibentuknya Indonesia Battery Company (IBC). Sehingga tidak hanya memiliki pabrik dan produk turunannya saja, Indonesia juga bisa dikenal sebagai negara pengguna teknologi yang maju.

“Jadi kita tak hanya bangun pabrik dan turunannya tapi pastikan ekosistem mobil listrik berjalan. dan diharapkan dengan press konferens hari ini ada beberapa kepala daerah seperti beberapa negara seperti London tahu titik-titik hanya bisa electric vehicle,” kata Erick dalam konferensi pers virtual, Jumat (26/3/2021)

TERBARU

spot_img