Mau Masak Dengan Hemat dan Aman? Yuk! Gunakan Kompor Listrik Dari PLN

Listrik Update-Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (Persero) Zulkifli Zaini, mengatakan, PLN sangat mengapresiasi langkah DEN dan  siap memberikan keringanan biaya listrik untuk masyarakat yang menggunakan kompor listrik induksi.

Hal ini dia sampaikan dalam acara Launching Penggunaan Kompor Listrik Induksi kepada seluruh pegawai Dewan Energi Nasional, Senin (3/5).

Dewan Energi Nasional (DEN), pada hari ini menerapkan penggunaan kompor listrik di lingkungan pegawai DEN sebagai upaya mendorong dan mempromosikan kepada masyarakat bahwa kompor listrik ini memiliki banyak keunggulan dibanding kompor elpiji.

Hal ini, kata Zulkifli  merupakan bagian dari program Super Electric Life 2021 dengan biaya yang sangat murah.

“Hari ini kita semua melihat langkah strategis Dewan Energi Nasional untuk mengimplementasikan penggunaan kompor listrik induksi. Kita semua mengetahui hal ini merupakan wujud nyata dalam menjalankan Paris agreement dan menurunkan efek rumah kaca serta tentunya upaya untuk mengurangi impor elpiji dalam rangka meningkatkan kemandirian dan ketahanan energi nasional,” kata Zulkifli.

Zulkifli menjelaskan, PLN berkomitmen untuk mendukung penuh langkah yang dilakukan DEN ini, baik melalui bantuan informasi, produsen industri kompor induksi yang sudah bekerja sama dengan PLN untuk menyediakan kompor induksi dan peralatan kitchen pendukungnya, serta dukungan dalam hal penyediaan listrik yang cukup.

Menurutnya, keringanan ini harus dilakukan, melihat saat ini masyarakat Indonesia masih dalam kondisi mengkonsumsi energi yang diimpor. Khususnya terkait elpiji yang berimplikasi pada peningkatan impor gas yang nilainya kurang lebih mencapai Rp 60 triliun.

“Kami juga mendapat informasi bahwa subsidi elpiji mencapai lebih dari Rp 50 triliun per tahun. Kemudian juga sulit memastikan subsidi ini tepat sasaran, karena banyak masyarakat mampu atau pemilik usaha yang menggunakan elpiji bersubsidi,” tutupnya.

Padahal di sisi lain cadangan energi listrik nasional mencapai lebih dari 50 persen, sehingga energi yang diproduksi PLN ini dapat dioptimalkan dan dimanfaatkan oleh PLN bersama masyarakat Indonesia. Dengan demikian, pemerintah akan berhemat subsidi elpiji karena tidak harus impor energi khususnya elpiji. Serta permasalah elpiji yang saat ini subsidi dan sulit untuk tepat sasaran diharapkan bisa diatasi.

“Oleh karena itu kami mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan kompor listrik agar dapat membantu Pemerintah dalam meningkatkan konsumsi penggunaan energi dalam negeri,” katanya.

Dia menjelaskan, kompor induksi juga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat, karena memasak lebih aman dan terhindar dari luka bakar yang jika tidak sengaja menyentuh kompornya, serta suhu ruangan juga tidak panas, tidak ada emisi gas hasil pembakaran sehingga udara bersih dan ramah lingkungan.

“Kami berharap informasi tentang berbagai manfaat yang didapatkan oleh kita semua menghilangkan keragu-raguan masyarakat dalam memakai kompor induksi, karena sudah memahami keuntungannya,” pungkasnya.

 

TERBARU

spot_img