Operasikan Gardu Induk Cendana, PLN Wujudkan Listrik Berkualitas di Bumi Khatulistiwa

Listrik Update-Perusahaan Listrik Negrara (Persero) berhasil merampungkan pembangunan dan pengoperasian perdana (energize) Gardu Induk (GI) Cendana. Gardu induk yang terletak di Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat ini mempunyai tegangan 150 kilo Volt (kV).

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP Kalbagbar), Rachmad Lubis menyebutkan bahwa pembangunan GI seluas 2 hektar ini akan meningkatkan keandalan Sistem Kelistrikan Khatulistiwa, terutama pada keandalan sistem distribusi dan kualitas tegangan pelayanan kepada pelanggan.

“Beban listrik yang sebelumnya berpusat di GI 150 kV Kota Baru dapat dipindahkan sebagian ke GI 150 kV Cendana. Hal ini bertujuan agar suplai tegangan listrik yang sampai ke pelanggan menjadi lebih stabil,” terangnya.

Selain GI 150 kV Cendana yang berkapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA), juga dibangun 2 tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV untuk menyambungkan GI tersebut ke SUTT 150 kV Parit Baru-Kota Baru yang telah beroperasi.

Ia menambahkan, kelancaran pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini tidak terlepas dari dukungan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam),Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan masyarakat sekitar.

Sampai dengan saat ini, Sistem Kelistrikan Khatulistiwa memiliki Cadangan Daya sebesar 33 Mega Watt (MW) dengan Daya Mampu sebesar 409,2 MW dan Beban Puncak mencapai 376,2 MW.

Dengan makin andalnya sistem kelistrikan dan kualitas listrik yang semakin baik, maka diharapkan dapat menciptakan iklim investasi yang positif, mendorong perekonomian daerah, dan menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari.

TERBARU

spot_img