Pelanggan Iconnect PLN Naik Drastis

LISTRIKUPDATE.COM– Pelanggan Iconnet milik Perusahaan Listrik Negara (Persero) meningkat dan kini mencapai 45.000. Padahal program layanan internet fixed broadband, internet berbasis jaringan fiber optik itu baru diluncurkan pada 31 Mei 2021 lalu.

Iconnet sendiri merupakan program dari PT Indonesia Comnets Plus (ICON+), anak usaha PT PLN (Persero).

Direktur Utama ICON+ Yuddy Setyo Wicaksono mengatakan, ada penambahan pelanggan setelah rebranding Mei lalu. Jumlahnya sekitar 16.500-an pelanggan.

“Saat ini jumlah pelanggan Iconnet sudah lebih dari 45 ribu pelanggan. Setelah rebranding Iconnet Mei lalu, bertambah sekitar 16.500-an,” ujar Yuddi dilansir CNBC Indonesia, Rabu (04/08/2021).

Ia pun optimistis jumlah pelanggan Iconnet akan terus bertambah hingga mencapai lebih dari 100.000 pelanggan pada akhir tahun 2021 ini.

BACA JUGA: Luncurkan Iconnet Akhir Mei, PLN Siap Bersaing dengan Kompetitor Penyedia Layanan Internet

“Untuk tahun ini kami targetkan lebih dari 100 ribu pelanggan Iconnet,” lanjutnya.

Terpisah, Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, menjelaskan alasan melebarkan bisnis PLN ke internet.

Menurut Darmawan, sebelum adanya New PLN Mobile, banyak sekali aset PLN yang belum terkelola dengan baik.

Selain itu, layanan pada pelanggan juga masih kurang baik. Lalu pada kepemimpinan yang baru, PLN didorong untuk melakukan digitalisasi organisasi. Lalu diejawantahkan melalui transformasi, dari bisnis yang berbelit-belit harus dipermudah.

“Modul-modul terkotak-kotak kita konsolidasikan data pelanggan yang tadinya tidak terkelola dengan baik. Saya ingat diskusi dengan adanya super Apps ini bisa kapitalisasi aset-aset PLN yang tadinya tidak terkelola dengan baik,” ucapnya, Kamis (01/07/2021).

Dalam perjalanannya saat melakukan proses digitalisasi organisasi di tengah jalan, tiba-tiba terjadi pandemi.

Pemerintah kemudian melakukan pembatasan dan meminta agar masyarakat belajar dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

“Jadi, muncul gaya hidup baru dan dari situ ada kebangkitan sektor telekomunikasi,” kata Darmawan.

Melalui Iconnet ini, kata dia, PLN akan semakin maju ke depan. Tantangan selama setahun ini bisa diselesaikan dan terbangun melalui kerja tim yang baik.

“Dalam apapun situasinya, tim ICON+ maju ke depan, melakukan operasional efektif di lapangan,” ujarnya.

TERBARU

spot_img