Pembangunan ALMA Bentuk Konkret Pelaksanaan Program Electrifying Marine

LISTRIKUPDATE.COM– PT PLN (Persero) terus mendukung kegiatan ekonomi di sektor perikanan dan kelautan dengan menyediakan Anjungan Listrik Mandiri (ALMA).

Pembangunan ALMA merupakan bentuk konkret pelaksanaan program Electrifying Marine yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan pada sektor perikanan laut.

Hal ini untuk memenuhi kebutuhan layanan listrik temporer seperti penerangan kapal, coldstorage, serta kebutuhan listrik lainnya di lokasi dermaga, pelabuhan hingga Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Program ini lahir sebagai wujud nyata transformasi PLN pilar Customer Focus dan Innovative dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal.

Sebagai informasi, sebelumnya sukses menyediakan ALMA di Ternate, kini PLN membangun dua ALMA di Ambon yaitu di Pelabuhan Feri Galala di Sirimau Kota Ambon dan Pelabuhan Hunimua di Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

Menyerap investasi kedua anjungan listrik senilai Rp54,9 juta ini sudah dapat digunakan oleh para pemilik kapal maupun untuk aktivitas di pelabuhan atau dermaga.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, Yusrizal, menyampaikan bahwa dengan memanfaatkan ALMA, para pelaku usaha perikanan dan kelautan khususnya pemilik kapal atau feri dapat melakukan penghematan 50 persen untuk biaya operasional mereka.

“Dibandingkan menggunakan mesin genset berbahan bakar solar yang memakan biaya sekitar Rp 643.200 per hari,” ujar Yusrizal dalam rilis PLN, Selasa (17/08/2021).

Yusrizal menambahkan, dengan hadirnya ALMA ini diharapkan dapat menunjang kegiatan ekonomi khususnya di sektor perikanan dan kelautan di kedua wilayah.

“Terutama untuk aktivitas di pelabuhan maupun dermaga yang kini menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan,” tambah Yusrizal.

TERBARU

spot_img