Home LISTRIK UPDATE Pemerintah Dorong Masyarakat Gunakan Kendaraan Berlistrik

Pemerintah Dorong Masyarakat Gunakan Kendaraan Berlistrik

Pemerintah Dorong Masyarakat Gunakan Kendaraan Berlistrik
Foto : Dok (CNBC Indoensia/Muhammad Sabki)

Listrik Update – Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik, baik mobil maupun motor listrik. Hal tersebut disampaikan karena kendaraan listrik diklaim lebih hemat bahan bakar ketimbang kendaraan berbahan bakar minyak.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana menjelaskan, bahwa berdasarkan kajian dari pihaknya, penggunaan motor listrik bisa lebih menghemat Rp 100 ribu per bulan, sedangkan untuk penggunaan mobil listrik bisa hemat 2-3 kali lipat daripada motor listrik, bila dibandingkan dengan penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak.

“Dari kajian kami, penggunaan motor listrik ada penghematan biaya bahan bakar mencapai Rp 100 ribu per bulan, sementara kalau mobil listrik bisa 2-3 kali lipat penghematannya dari pemakaian motor listrik,” jelas Dadan dalam diskusi yang diselenggarakan Katadata, pada Selasa (9/3/2021).

Pada tahun 2025 mendatang pemerintah menargetkan penggunaan kendaraan listrik bisa menggantikan Bahan Bakar Minyak (BBM) sekitar 37 ribu barel setara minyak per hari (BOEPD). Dan pada tahun 2030, diperkirakan Indonesia tidak lagi impor BBM karena dipicu peningkatan konsumsi minyak non fosil (biofuel) dan meningkatnya penggunaan kendaraan listrik.

Dengan begitu, pengurangan impor BBM diperkirakan bisa mencapai 67,9 ribu barel per hari atau setara dengan penghematan devisa sebesar US$ 1,6 miliar pada 2030. Selain itu, diperkirakan ada penghematan dari sisi subsidi BBM per tahun yang mencapai Rp 0,6 triliun. Sementara penurunan emisi gas rumah kaca pada 2030 ditargetkan bisa mencapai 6,66 juta ton emisi Co2.*

Exit mobile version