PLN Turut Peduli Kembangkan Pertanian

LISTRIKUPDATE.COM– Tim PT PLN (Persero) tidak hanya bekerja ekstra untuk menyalurkan listrik di seluruh pelosok tanah air.

Perusahaan negara itu ternyata punya kepedulian juga terhadap nasib para petani, sebagaimana telah dilakukan PLN Unit Induk Daerah (UID) Lampung.

Lewat program ‘PLN Peduli’ mereka turut mengembangkan pertanian di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan.

Tim PLN UID Lampung ikut memecahkan masalah kekeringan yang kabarnya selama ini kerap merongrong nasib petani.

Di sana, PLN memberikan bantuan peralatan pengairan pertanian ke petani. Bantuan diserahkan pada, Jumat, 30 Juli 2021.

General Manager PLN UID Lampung I Gede Agung Sindu Putra menuturkan, bantuan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN.

Gede mengharapkan dengan adanya bantuan itu bisa meningkatkan hasil pertanian dan menghilangkan rasa cemas petani kala menghadapi musim kemarau.

Tidak hanya itu, diharapkan pula dapat mendukung upaya peningkatan perekonomian rakyat, khususnya masyarakat Desa Sumber Jaya.

“Dengan tersedianya fasilitas pengairan pertanian ini akan menjamin ketersediaan air yang cukup dan akan sejalan dengan hasil pertanian masyarakat yang meningkat,” kata Gede.

Selain memberikan bantuan fasilitas pengairan pertanian, PLN juga menyalurkan paket media tanam hidroponik kepada para petani.

Total bantuan senilai Rp150 juta ini diterima langsung oleh Kepala Desa Sumber Jaya. Selanjutnya bantuan akan dikelola bersama oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Dusun 4.

Dengan teknik pertanian media hidroponik ini, Gede mengharapkan masyarakat dapat tetap produktif menghasilkan produk pertanian meski dengan lahan yang terbatas.

Tim PLN UID Lampung saat menyalurkan paket media tanam hidroponik kepada para petani di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat, 30 Juli 2021. Foto: Dok. PLN

Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang masih merebak, diharapkan dukungan ini akan sangat bermanfaat.

“Hari ini kita jadikan pembelajaran bercocok tanam dengan media hidoponik, kita manfaatkan fasilitasnya dengan baik. Semoga dengan wahana ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Gede.

Terpisah, Penjabat Kepala Desa Sumber Jaya Trimulyono menjelaskan, mayoritas warga desanya berprofesi sebagai petani.

Petani, kata dia, sangat membutuhkan pengairan yang cukup untuk mengembangkan pertaniannya. Sebab, satu kendala yang dialami warganya selama ini adalah keterbatasan pengairan untuk pertanian, terlebih pada saat kemarau.

“Dengan bantuan fasilitas pengairan ini, ke depan kami lebih optimistis, kendala kekurangan air dapat teratasi,” kata Trimulyono.

Menurut dia, bantuan seperti ini yang mereka butuhkan terutama
untuk keberlangsungan pertanian warga.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian PLN Peduli yang sudah memberikan bantuan,” ucap Trimulyono.

TERBARU

spot_img